MAKALAH KAKUBUTEKS
PIHAK – PIHAK TERKAIT DALAM
PENGEMBANGAN KURIKULUM
Disusun
guna memenuhi tugas mata kuliah Kakubutek Dosen pengampu Dra. Sumarsih
Disusun
oleh :
Habibie
Bagus Sambada NIM. 12803244018
PRODI PEND. AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
TAHUN AKADEMIK 2012/2013
Kata Pengantar
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan
makalah yang berjudul “Pihak –Pihak Terkait dalam Pengembangan Kurikulum”. Penulisan
makalah adalah merupakan salah satu persyaratan untuk menyelesaikan tugas mata
kuliah Kakubuteks, Prodi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi UNY.
Dalam
Penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan baik pada teknis
penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk
itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi
penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Dalam
penulisan makalah ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga
kepada pihak-pihak yang mendukung dalam menyelesaikan makalah ini, khususnya
kepada :
- Ibu Dra. Sumarsih selaku dosen pembimbing mata kuliah Kakubuteks.
- Rekan - rekan semua semester 2 angkatan 2012.
Akhirnya
penulis berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang
telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai
ibadah, Amiin.
Yogyakarta,
Februari 2012
Penulis
BAB
I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Kegiatan
pengembangan kurikulum membutuhkan perencanaan dan sosialisasi, agar pihak –
pihak terkait memiliki persepsi dan tindakan yang sama. Pihak – pihak yang
terkait dalam pengembangan kurikulum ini meliputi pakar ilmu pendidikan,
khususnya pakar pengembangan kurikulum dan teknologi pendidikan, yang bertindak
sebagai tenaga ahli atau konsultan kurikulum. Di tingkat pusat, provinsi,
kabupaten / kota, masing – masing phak terkait tugas dan tanggung jawab yang
saling berkaitan baik secara struktural maupun secara fungsional dalam
pengelolaan, pengembangan, implemantasi, pengawasan, dan perbaikan kurikulum.
Administrator
Pendidikan tingkat pusat dan daerah juga memiliki tugas dan tanggung jawab,
baik dalam penyusunan kerangka kurikulum,maupun dalam pengembangan dan
penilaiannya. Supervisor (pengawas) bertugas memberikan bimbingan profesional,
baik dalam aspek akademik maupun manajerial kepada guru – guru, sedangkan
kepala sekolah bertanggung jawab sebagai pemimpin sekolah yang
mengorganisasikan dan mengawasi pelaksanaan kurikulum disekolahnya. Pada dasarnya,
organisasi sosial kemasyarakatan, asosiasi industri dan bisnis, persatuan atau
asosiasi keilmuan (profesi) dan lembaga atau tokoh keagamaan, sebaiknya menjadi
pihak – pihak yang terlibat aktif dalam proses pengembangan kurikulum.
- Tujuan dan Manfaat Makalah
1. Adapun
tujuan dari makalah adalah:
a. Untuk
mengetahui macam – macam sumber daya manusia pengembangan kurikulum dan tugas –
tugasnya.
b. Untuk
mengetahui bagaimana dan seperti apa peran guru dalam pengembangan kurikulum.
2. Adapun
manfaat makalah ini adalah untuk penulis dan pembaca, menambah pengetahuan dan
pemahaman mengenai macam – macam sumber
daya manusia pengembangan kurikulum beserta tugas – tugasnya dan peran guru
dalam pengembangan kurikulum.
BAB II
ISI
- Sumber Daya Manusia Pengembangan Kurikulum
Sumber
Daya Manusia Pengembangan Kurikulum adalah kemampuann terpadu dari daya pikir
dan daya fiksik yang dimiliki oleh setiap pengembangan kurikulum, dari tingkat
pusat sampai ke tingkat daerah. SDM tersebut terdiri atas berbagai pakar ilmu
pendidikan, administrator pendidikan, guru, ilmuwan, orang tua, siswa, dan
tokoh masyarakat.
Unsur
ketenagakerjaan tersebut dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu :
1. Tenaga
Profesional, meliputi tenaga pendidikan guru, tenaga pendidikan non guru, dan
organisasi profesional.
2. Tenaga
Masyarakat, meliputi tokoh masyarakat, orang tua, anggota komite atau dewan
sekolah dan lain – lain.
Dalam
proses pengembangan kurikulum, keterlibatan unsur – unsur ketenagaan tersebut
sangat penting, karena keberhasilan suatu sistem dan tujuan pendidikan
merupakan tanggung jawab bersama pada semua tahapan kurikulum, yaitu
perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, evaluasi, dan perbaikan kurikulum.
Berikut ini adalah deskribsi tentang tugas dan wewenang pihak – pihak yang
terkait dalam pengembangan kurikulum.
1. Pakar
– pakar Ilmu Pendidikan
Spesialis
para pengembang kurikulum ini bertugas untuk :
a. Duduk
sebagai anggota panitia atau sponsor. Spesialisasi yang ditekuni menjadi
jaminan untuk menyelesaikan tugas pengembangan kurikulum.
b. Mengajukan
gagasan dan berbagai masukan yang diperlukan oleh panitia pengembang kurikulum.
c. Melakukan
penelitian dalam bidang pengembangan kurikulum. Hasil yang relevan dimanfaatkan
sebagai informasi baru, data dan fakta dilapangan dapat digunakan untuk
menyusunkurikulum yang serasi.
d. Menyusun
buku sumber yang dibutuhkan sesuai dengan kurikulum yang sedang
dikembangkan,yang selanjutnya dapat dimanfaatkan bagi kurikulum yang
bersangkutan.
e. Memberikan
latihan dan penataran bagi para pengembang kurikulum, atau melaksanakan konsultasi
dengan para pengembang kurikulum tersebut untuk memperoleh kurikulum yang baku.
2. Administrator
Pendidikan
Administrator
pendidikan merupakan SDM yang berada pada tingkat pusat, provinsi, kotamadya /
kabupaten dan juga kepala sekolah.
a. Administrator
Tingkat Pusat (direktur, kepala pusat) mempunyai wewenang dan kepemimpinan
untuk mengarahkan orang serta bertanggung jawab atas pekerjaan orang tersebut
dalam mencapai tujuan yaitu dalam penyusuna kerangka kurikulum, dasar hukum,
dan program inti kurikulum. Dengan adanya kerangka dasar dan program
inti,selanjutnya dapat ditetapkan jenis dan jumlah mata pelajaran minimal yang
diperlukan.
b. Administrator
Tingkat Daerah (dinas pendidikan tingkat kotamadya atau kabupaten) bertugas
berdasarkan kerangka dasar dan program inti dari tingkat pusat dan melakukan
pengembangan sesuai dengan kebutuhannya. Administrator tingkat daerah mempunyai
wewenang merumuskan sistem operasional pendidikan bagi sekolahnya. Selain itu
juga berkewajiban mendorong dan mengimplementasikan kurikulum pada setiap
sekolah, bekerjasama dengan kepala sekolah dan guru – guru dalam pengembangan
kurikulum di sekolah sesuai dengan kebutuhan masyarakat, melakukan sosialisasi,
serta melaksanakan kurikulum di sekolah tersebut.
c. Kepala
sekolah yang mempunyai tugas yang lebih berkenan dengan implementasi kurikulum
di sekolah. Peran kepala sekolah dan guru sangat besar dan merupakan kunci
keberhasilan pengembangan kurikulum.
3. Guru
Guru
merupakan titik sentral, yaitu sebagai ujung tombak dilapangan dalam pengembangan
kurikulum. Keberhasilan belajar antara lain ditentukan oleh kemampuan
profesional dari pribadi guru. Dikarenakan pengembangan kurikulum bertitik
tolak dari dalam kelas, dan seorang guru hendaknya mengusahakan gagasan kreatif
dan melakukan uji coba kurikulum di kelasnya.
4. Orang
Tua
Sebagai
stakeholder dalam penyusunan kurikulum, hanya sebagian orang tua siswa saja
yang dilibatkan, yaitu mereka yang mempunyai latar belakang memadai. Peran
orang tua lebih besar dalam pelaksanaan kurikulum, misalkan saat diperlukan
adanya kerjasama yang erat antara guru atau sekolah dengan orang tua siswa.
Oleh karena itu sebagian kegiatan belajar yang dituntut kurikulum dilaksanakan
di rumah.
5. Siswa
Dalam
meningkatkan kualitas siswa, para pembina kurikulum (guru) hendaknya tidak
melepaskan diri dari tanggung jawabnya sebagai pendidik dan pembimbing,
sehingga partisipasi siswa tersebut tidak lepas dari bimbingan guru, seperti
pemberian motivasi belajar, dorongan untuk berpendapat, dan berpartisipasi
dalam kegiatan – kegiatan lain yang bermanfaat.
B.
Peran
Guru dalam Pengembangan Kurikulum
Sebagai
kunci utama keberhasilan pengembangan kurikulum, guru memegang banyak peranan
yang sangat penting, diantaranya :
1. Pengelolaan
Administratif
Pengelolaan
administratif adalah pengelolaan secara tercatat, teratur, dan tertib sebagai
penunjang jalannya pendidikan yang lancar, dimana ruang lingkupnya mencangkup
administrasi kurikulum, siswa, personal, material dan keuangan.
2. Pengelolaan
Konseling dan Pengembangan Kurikulum
Pengelolaan
layanan bimbingan konseling dan pengembangan kurikulum merupakan hal yang
mendesak dan diperlukan untuk menunjang pencapaian tujuan pendidikan. Maka dari
itu diperlukan keahlian pemahaman prinsip dan penguasaan ketrampilan teknis.
3. Guru
sebagai Tenaga Profesi Kependidikan
Jabatan
guru adalah suatu profesi kependidikan yang mensyaratkan dikuasainya kemampuan
profesional yang memadahi. Guru tidak hanya berperan sebagai guru di dalam
kelas, tetapi juga seorang komunikator,
pendorong kegiatan belajar, pengembangan alat – alat belajar, penyusun
organisasi, manajer sistem pengajaran, dan pembimbing baik disekolah ataupun di
masyarakat.
4. Berpartisipasi
dalam Pengembangan Kurikulum
Guru
diharapkan berperan aktif dalam kepanitiaan atau tim pengembangan kurikulum, bersama
dengan guru lainnya dan orang tua. Guru dilibatkan dalam perumusan kebijakan
operasional, serta perencanaan dan pelaksanaan administrasi pengembangan
kurikulum.
5. Meningkatkan
Keberhasilan Sistem Instruksional
Keberhasilan
mengajar tergantung pada tiga faktor, yaitu kepribadian, pengetahuan, dan
keahlian guru. Kepribadian guru di Tandai dengan sikap antusias dan kecintaan
terhadap siswa. Guru juga harus mempunyai pengetahuan yang luas dan mendalam
tentang semua hal yang berkenaan dengan sistem instruksional. Dengan keahlian,
ketrampilan, dan kemampuan seninya dalam mengajar, guru mampu menciptakan
situasi belajar yang aktif dan mampu mendorong kreatifitas anak.
6. Pendekatan
Kurikulum
Guru
yang bijaksana senantiasa mengembangkan kurikulum sekolah berdasarkan
kepentingan masyarakat, kebutuhan siswa, serta ilmu pengetahuan dan teknologi
terkini. Upaya pengembangan ini disertai dengan tindakan yang nyata di kelas.
Hasil perbaikan dan pelaksanaan kurikulum diperlihatkan kepada orang tua siswa
melalui laporan siswa, dan orang tua tersebut memberikan respon atas laporan
tersebut. Dengan demikian terjadilah proses pengembangan kurikulum yang
berkesinambungan.
7. Meningkatkan
Pemahaman Konsep Diri
Guru
dapat mengembangkan kurikulum dengan cara mempelajari lebih banyak tentang
dirinya sendiri. Keberhasilan guru terletak pada pengetahuan tentang diri (self – knowledge) dan pengenalan
terhadap kekuatan dan kelemahan pribadi, serta bagaimana mengatasi kelemahan –
kelemahan tersebut.
8. Memupuk
Hubungan Timbal Balik yang Harmonis dengan Siswa
Tujuan
utama guru adalah mengubah pola tingkah laku siswa menjadi lebih baik.
Peningkatan kegiatan belajar siswa lebih banyak ditentukan oleh besarnya
harapan guru tentang tingkah laku yang diinginkan. Guru berupaya mendorong dan
memajukan kegiatan belajar siswa sehingga terjadi perubahan tingkah laku yang
di inginkan. Guru hendaknya bersikap menerima, menghargai, dan menyukai
siswanya sehingga siswa pun menyenangi guru dan menghayati harapan serta
keinginan gurunya. Dengan demikian terciptalah suasana yang menyenangkan,
mendorong belajar, berfikir, dan memecahkan masalah. Hal – hal dalam kerjasama
seperti ini dapat meningkatkan upaya pengembangan kurikulum.
Daftar pustaka
Oemar Hamalik.(Februari
2007). Dasar – dasar Pengembangan Kurikulum.Bandung:Rosda.
Pertanyaan dan Jawaban Presentasi
Kakubuteks
Sofi
(12803244028)
Pertanyaan : Apa kendala – kendala yang dialami dalam
implementasi dan bagaimana cara mengatasinya?
Jawab : Jadi kendala – kendala yang
sering dialami dalam pengimplementasian adalah dalam pemahaman kebijakan,
kendala materi atau kurangnya bekal pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki
guru, kendala dalam metodolodi pelaksanaan, kendala sarana, kendala evaluasi,
dan kendala kerjasama, keseluruhan kendala tersebut muncul disebabkan oleh
beberapa faktor yaitu: Faktor guru itu sendiri, Lingkungan, murid, Sarana
prasarana sekolah.Kedua, para guru menghadapi kendala, secara individual yaitu
belajar menguasai pengetahuan dan ketrampilan sendiri, pencarian bahan sendiri,
peningkatan efektifitas sumber, perbaikan metode pembelajaran termasuk
peningkatan pemberian variasi tugas.
Jadi
cara mengatasinya sebagai seorang guru harus tanggap terhadap informasi –
informasi, dan aktif dimana dengan mencari informasi – informasi yang orang
lain belum ketahui, guru harus sigap dan bisa bermusyawarah dengan sesama guru
atau murid, guru harus memperhatikan kebutuhan siswa, encana pembelajaran
disusun secara sistematis.
Ririn
(12803244022)
Pertanyaan : Apa tugas dan wewenang siswa dalam
mengembangkan kurikulum? Beri contoh !
Jawab : Tugas dan wewenang siswa dalam
pengembangan kurikulum diantaranya mengetahui materi pelajaran, mengetahui
landasan dan wawasan kependidikan, mengetahui proses kependidikan, sebagai
siswa. Selanjutnya sebagai siswa mempunyai kemampuan personal, penampilan
sikap, pemahaman, penghayatan dan penampilan nilai yang seyogyanya dimiliki murid.
Contoh : Siswa bernama “A” dalam mnuntut
ilmu di sekolah tidak bertindak macam – macam dalam arti siswa A tersebut taat
dengan peraturan yang sudah di tetapkan oleh sekolah.
Airin
(12803244014)
Pertanyaan : Bagaimana peran ahli kurikulum dalam
implementasi kurikulum dan apa saja yang di lakukan?
Jawab : Menurut kami peran ahli
kurikulum dalam implementasi kurikulum kinerjanya belum maksimal dikarenakan
guru itu sebagai implementer dimana seorang guru memiliki
tugas sebatas menjalankan kurikulum yang telah disusun, dengan terbatasnya
peran guru di sini, maka kreatifitas guru dan inovasi guru dalam merekayasa
pembelajaran tidak berkembang, guru tidak ada motivasi untuk melakukan berbagai
pembaruan. Guru sebagai adapter dimana dalam
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), terdapat peran guru dalam fase ini,
yaitu bahwa para perancang kurikulum hanya menentukan standar isi sebagai
standar minimal yang harus dicapai, bagaimana implementasinya, kapan waktunya,
dan hal-hal teknis lainnya ditentukan oleh guru. Dengan demikian peran guru
sebagai adapter lebih luas dibandingkan dengan peran sebagai implementer.
Sabrina
(12803244004)
Pertanyaan : Apakah kurikulum di Indonesia sudah
melakukan kurikulum dengan baik? Jelaskan !
Jabwab : Kurikulum di Indonesia belum sepenuhnya
melakukan kurikulum dengan baik, terbukti dengan akan diadakannya kurikulum
baru 2013 yan banyak menuai protes dimana salah satunya karena belum adanya
sosialisasi yang diadakan oleh pihak kemendikbud kepada para guru. Menurut
pendapat salah seorang anggota DPR RI, Sulistiyo menegaskan,”sampai saat ini
para guru di Tanah Air belum memahami sepenuhnya perubahan kurikulum 2013,Sebab
dokumen kurikulum baru yang lengkap belum disosialisasikan, para guru siap
melaksanakan kurikulum baru tapi mereka belum tahu kurikulum itu, jadi kesiapan
itu lebih kepada kesetiaan dan kepasrahan guru dalam melaksanakan tugas, apa
pun wujudnya”.
Daftar Pertanyaan Resum Kakubuteks
Habibie
Bagus Sambada (12803244018)
1. Apakah
pihak – pihak yang ada dalam pengembangan kurikulum sudah di jamin akan
berkomitmen atas tugas – tugasnya tersebut? Jelaskan!
2. Sejauh
mana peran pihak – pihat terkait dalam pengembangan kurikulum di negara ini?
Apakah sudah optimal?
Putri
Ayu Diyah V (12803244030)
1. Mengapa
seorang ahli kurikulum memegang peran penting dalam pengembangan kurikulum
maupun implementasi kurikulum?
2. Apakah
pengikut sertaan guru dalam upaya perbaikan kurikulum di sekolah memungkinkan
dalam sistem pendidikan kita?
Cahayu
Saccharosa (12803244012)
1. Jelaskan
tugas – tugas para pakar ilmu pendidikan?
2. Adakah
kendala dalam pengelolaan konseling dan pengembangan kurikulum? Jika ada
bagaimana solusinya?
Ade
Pahmadia F (12803244008)
1. Siapa
yang tergolong kedalam pakar ilmu pendidikan?
2. Jelaskan
peran dan kegiatan administrator dalam pendidikan?
Yeni
Nofia (12803244019)
1. Mengapa
orang yang ahli dalam kurikulum memegang peran penting? Hal apa saja yang dapat
mereka berikan?
2. Sebutkan
contoh berpartisipasi dalam pengembangan kurikulum?
Yanza
Ikhtiarfan (12803244021)
1. Bagaimana
seorang guru dapat mengubah perilaku siswa yang awalnya nakal menjadi baik?
2. Dari
segala sumberdaya manusia manakah yang paling berperan dalam pengembangan
kurikulum? Jelaskan!
Anindita
Laksmi S (12803244013)
1. Bagaimana
seorang tokoh agama dapat mengembangkan kurikulum? Berikan contohnya!
2. Hal
– hal apa saja yang dapat dilakukan orang tua dalam berperan
mengimplementasikan kuriklu di sekolah?
Chairunnisa
Astari(12803244023)
1. Apah
pengikut sertaan guru – guru dalam upaya perbaikan kurikulum di sekolah
memungkinkan dalam sistem pendidikan kita dewasa ini?
2. Hal
pa yang dapat siswa dan orang tua berikan dalam keberhasilan implementasi kurikulum?
Anbar
Maulidina (12803244031)
1. Mengapa
dalam pengembangan kurikulum diperlukan keikutsertaan berbagai pihak yang
terkait?
2. Siapa
yang tergolong dalam administrator di tingkat pusat dan tingkat daerah?
Fidya
Riska A (12803244010)
1. Jelaskan
peran dan administrator pendidikan tingkat pusat dan daerah?
2. Apa
saja tugas dan tanggung jawab supervisor, kepala sekolah, dan guru dalam
kurikulum?
Erwin
Insani (12803244034)
1. Bagaimana
upaya guru untuk memupuk hubungan harmonis yang dengan siswa?
2. Pakar
ilmu pendidikan biasanya melakukan penelitian dalam bidang pengembangan
kurikulum. Contohnya ?
Meitiya
Khusna (12803244032)
1. Jelaskan
kesetyaan administrator pendidikan tingkat pusat dan tingkat daerah?
2. Jelaskan
tugas dan tanggung jawab supervisor?
Deashara
Ayrien Hayuwari (12803244014)
1. Mengapa
ahli kurikulum memegang peran penting dalam pengimplementasian kurikulum?
2. Hambatan
apa yang ditemui guru di sekolah terkait dengan pengimplementasian kurikulum?
Rahmadita
Nurul Hidayati (12803244001)
1. Pihak
– pihak mana saja yang terkait dalam pengembangan kurikulum?
2. Seberapa
besarkah peran guru dalam pengembangan kurikulum, apakah sudah mampu memberikan
solusi terhadap pergantian kurikulum di indonesia saat ini?
Yuli
Anggraeni (12803244003)
1. Peran
apa yang dilakukan pakar ilmu pendidikan dalam implementasi kurikulum?
2. Jelaskan
berbagai hal yang perlu dilakukan guru dalam pelaksanaan kurikulum dikelas?
Nadira
Sukma A (12803244004)
1. Bagaimanakah
seharusnya sikap dari seorang guru agar kurikulum dapat berjalan dengan baik di
suatu pembelajaran?
2. Bagaimana
sikap anda apabla mengetahui ada sikap guru yang kurang profesional?
Luluk
Alhikmah (12803244009)
1. Implikasi
dari memupuk hubungan timbal balik yang harmonis dengan siswa?
2. Sebutkan
contoh tugas administrator pendidikan dan kepala sekolah?
Sabrina
Irmayanti (12803244006)
1. Apa
yang terjadi apabila seorang guru tidak dapat memupuk hubungan timbal balik
yang harmonis dengan siswanya?
2. Mengapa
ahli kurikulum memegang peran penting dalam pengembangan kurikulum?
Ayi
Chanja W (12803244040)
1. Mengapa
peran guru sangat penting dalam pengembangan kurikulum?
2. Jelaskan
peran dan kegiatan administrator pendidikan tingkat pusat dan daerah?
Shofia
Suparti (12803244028)
1. Bagaimana
prosedur pelaksanaan kurikulum yang dilakukan guru di kelasnya? Serta apa
kendala –kendala yang umumnya ditemukan?
2. Jelaskan
concoh nyata yang dilakukan orang tua dalam pengembangan kurikulum yang ada?
Ella
Coraima Dewi (12803244016)
1. Bagaimana
peran masyarakat dalam pengembangan kurikulum? Adakah implementasinya?
2. Bagaimana
hubungan orang tua dan guru dalam pengembangan kurikulum saat ini? Apakah sudah
efektif?
Dewa
Ayu Putri A (12803244011)
1. Jelaskan
peran dan kegiatan administrator pendidikan di tingkat provinsi?
2. Apakah
seorang guru selalu di ikut sertakan dalam upaya perbaikan kurikulum di
sekolah?
Reni
Nurhidayati (12803244002)
1. Jelaskan
berbagai hal yang perlu di lakukan guru dalam pelaksanaan kurikulum di
kelasnya? Bagaimana prosedur yang perlu di tempuh?
2. Apakah
pengikutsertaan guru – guru dalam upaya perbaikan kurikulum di sekolah memungkinkan
dalam sistem pendidikan kita dewasa ini?
Noni
Istifar Rina (12803244027)
1. Berikan
cotoh peran orang tua sehubungan dengan pengimplementasian kurikulum disekolah?
2. Apakah
dalam kenyataannya guru sudah mengimplementasikan pengembangan dan pembinaan kurikulum
di sekolah dengan semaksimal mungkin?
Dzahin
Syauqi Muhammad (12803244005)
1. Apakah
teman bermain juga termasuk dalam desain pengembangan kurikulum?
2. Pentingkah
pemahaman konsep diri? Apa alasannya?
Bayu
Saputro Aji (12803244007)
1. Jelaskan
peran penting guru dalam hal yang terkait dengan pengembangan kurikulum?
2. Apakah
ada kaitannya antara siswa dengan pihak pengembangan kurikulum?
Titi
Dwi Nuningsih (12803244015)
1. Apa
saja hal yang perlu dilakukan guru dalam pelaksanaan pelaksanaan kurikulum
dikelasnya?
2. Apa
tanggung jawab guru agar pelaksanaan kurikulum dapat berjalan dengan optimal?
Eva
Wafda H (12803244017)
1. Apa
tugas dari administrator pendidikan?
2. Jelaskan
yang dimaksud stakeholder dalam penyusunan kurikulum?
Ririn
Sulistiyasari (12803244022)
1. Jelaskan
tugas administrator pusat dan daerah?
2. Mengapa
siswa dilibatkan dalam pengembangan kurikulum?
Muhammad
Haidar Rohman (12803244037)
1. Siapa
saja yang terkait dalam pengembangan kurikulum?
2. Kenapa
kurikulum harus di kembangkan?
Hamas
Nur Kholid (12803244038)
1. Dari
sekian pihak yang terkait dalam pengembangan kurikulum, manakah yang paling
berperan dalam pengembangan kurikulum? Jelaskan !
2. Apa
maksud dari hal yang mendesak dan di perlukan untuk menunjang pencapaian tujuan
pendidikan? (Poin ke dua pada peran guru dalam pengembangan kurikulum)
Nindha
Permana (12803244026)
1. Siapa
sajakah yang tergolong dalam pakar ilmu pendidikan?
2. Jelaskan
berbagai hal yang perlu dilakukan dalam pelaksanaan kurikulum di kelasnya?
Ayu
Kurnia Sari H (12803244036)
1. Jelaskan
peranan kegiatan dan kegiatan administrator pendidikan tingkat pusat dan
tingkat daerah?
2. Mengapa
orang tua dilibatkankan dalam penyusunan kurikulum? Jelaskan!
Lita
Aprilia Sutopo (12803244020)
1. Kendala
apa yang ditemukan di sekolah dalam implementasi kurikulum?
2. Sebutkan
tugas dan tanggung jawab guru?
Romario
Dwi F (12803244033)
1. Siapakah
yang tergolong dalam pakar ilmu pendidikan?
2. Mengapa
seorang ahli kurikulum memegang peran penting dalam pengembangan kurikulum?
Ria
Maya A (12803244037)
1. Seberapa
besar peran siswa dalam pengembangan kurikulum?
2. Bagaimana
apabila salah satu pihak yang terkait dalam pengembangan kurikulum tidak
berperan secara optimal sesuai tugasnya?
Ayu
Nafisa (12803244044)
1. Hal
– hal apa saja yang dapat siswa dan orang tua berikan sehubungan dengan kegiatan
implementasi kurikulum di sekolah?
2. Jelaskan
berbagai hal yang perlu dilakukan guru dalam pelaksanaan kurikulum dikelasnya?
Dan kendala – kendala apa saja yang umumnya di temukan di sekolah terkait
dengan implementasi kurikulum?
Firda
Listia Dewi (12803244042)
1. Hal
– hal apa saja yang dapat siswa dan orang tua berikan sehubungan dengan
kegiatan implementasi kurikulum di sekolah?
2. Jelaskan
berbagai hal yang perlu dilakukan guru dalam pelaksanaan kurikulum dikelasnya?
Dan kendala – kendala apa saja yang umumnya di temukan di sekolah terkait
dengan implementasi kurikulum ini?
Rakhil
Nur Preditatama (12803244041)
1. Bagaimana
sistem administrasi sekolah yang baik?
2. Bagaimana
cara siswa berperan aktif dalam pengembangan kurikulum?
No comments:
Post a Comment