Sunday 21 September 2014

PIHAK – PIHAK TERKAIT DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM



MAKALAH KAKUBUTEKS
PIHAK – PIHAK TERKAIT DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Kakubutek Dosen pengampu Dra. Sumarsih





Disusun oleh :
Habibie Bagus Sambada         NIM. 12803244018


PRODI PEND. AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
TAHUN AKADEMIK 2012/2013
Kata Pengantar
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya  maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “Pihak –Pihak Terkait dalam Pengembangan Kurikulum”. Penulisan makalah adalah merupakan salah satu persyaratan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Kakubuteks, Prodi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi UNY.
Dalam Penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Dalam penulisan makalah ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang mendukung dalam menyelesaikan makalah ini, khususnya kepada :
  1. Ibu Dra. Sumarsih selaku dosen pembimbing mata kuliah Kakubuteks.
  2. Rekan - rekan semua semester 2 angkatan 2012.
Akhirnya penulis berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, Amiin.

Yogyakarta, Februari 2012

Penulis




BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Kegiatan pengembangan kurikulum membutuhkan perencanaan dan sosialisasi, agar pihak – pihak terkait memiliki persepsi dan tindakan yang sama. Pihak – pihak yang terkait dalam pengembangan kurikulum ini meliputi pakar ilmu pendidikan, khususnya pakar pengembangan kurikulum dan teknologi pendidikan, yang bertindak sebagai tenaga ahli atau konsultan kurikulum. Di tingkat pusat, provinsi, kabupaten / kota, masing – masing phak terkait tugas dan tanggung jawab yang saling berkaitan baik secara struktural maupun secara fungsional dalam pengelolaan, pengembangan, implemantasi, pengawasan, dan perbaikan kurikulum.
Administrator Pendidikan tingkat pusat dan daerah juga memiliki tugas dan tanggung jawab, baik dalam penyusunan kerangka kurikulum,maupun dalam pengembangan dan penilaiannya. Supervisor (pengawas) bertugas memberikan bimbingan profesional, baik dalam aspek akademik maupun manajerial kepada guru – guru, sedangkan kepala sekolah bertanggung jawab sebagai pemimpin sekolah yang mengorganisasikan dan mengawasi pelaksanaan kurikulum disekolahnya. Pada dasarnya, organisasi sosial kemasyarakatan, asosiasi industri dan bisnis, persatuan atau asosiasi keilmuan (profesi) dan lembaga atau tokoh keagamaan, sebaiknya menjadi pihak – pihak yang terlibat aktif dalam proses pengembangan kurikulum.
  1. Tujuan dan Manfaat Makalah
1.      Adapun tujuan dari makalah adalah:
a.       Untuk mengetahui macam – macam sumber daya manusia pengembangan kurikulum dan tugas – tugasnya.
b.      Untuk mengetahui bagaimana dan seperti apa peran guru dalam pengembangan kurikulum.
2.      Adapun manfaat makalah ini adalah untuk penulis dan pembaca, menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai  macam – macam sumber daya manusia pengembangan kurikulum beserta tugas – tugasnya dan peran guru dalam pengembangan kurikulum.

BAB II
ISI
  1. Sumber Daya Manusia Pengembangan Kurikulum
Sumber Daya Manusia Pengembangan Kurikulum adalah kemampuann terpadu dari daya pikir dan daya fiksik yang dimiliki oleh setiap pengembangan kurikulum, dari tingkat pusat sampai ke tingkat daerah. SDM tersebut terdiri atas berbagai pakar ilmu pendidikan, administrator pendidikan, guru, ilmuwan, orang tua, siswa, dan tokoh masyarakat.
Unsur ketenagakerjaan tersebut dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu :
1.      Tenaga Profesional, meliputi tenaga pendidikan guru, tenaga pendidikan non guru, dan organisasi profesional.
2.      Tenaga Masyarakat, meliputi tokoh masyarakat, orang tua, anggota komite atau dewan sekolah dan lain – lain.
Dalam proses pengembangan kurikulum, keterlibatan unsur – unsur ketenagaan tersebut sangat penting, karena keberhasilan suatu sistem dan tujuan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama pada semua tahapan kurikulum, yaitu perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, evaluasi, dan perbaikan kurikulum. Berikut ini adalah deskribsi tentang tugas dan wewenang pihak – pihak yang terkait dalam pengembangan kurikulum.
1.      Pakar – pakar Ilmu Pendidikan
Spesialis para pengembang kurikulum ini bertugas untuk :
a.       Duduk sebagai anggota panitia atau sponsor. Spesialisasi yang ditekuni menjadi jaminan untuk menyelesaikan tugas pengembangan kurikulum.
b.      Mengajukan gagasan dan berbagai masukan yang diperlukan oleh panitia pengembang kurikulum.
c.       Melakukan penelitian dalam bidang pengembangan kurikulum. Hasil yang relevan dimanfaatkan sebagai informasi baru, data dan fakta dilapangan dapat digunakan untuk menyusunkurikulum yang serasi.
d.      Menyusun buku sumber yang dibutuhkan sesuai dengan kurikulum yang sedang dikembangkan,yang selanjutnya dapat dimanfaatkan bagi kurikulum yang bersangkutan.
e.       Memberikan latihan dan penataran bagi para pengembang kurikulum, atau melaksanakan konsultasi dengan para pengembang kurikulum tersebut untuk memperoleh kurikulum yang baku.
2.      Administrator Pendidikan
Administrator pendidikan merupakan SDM yang berada pada tingkat pusat, provinsi, kotamadya / kabupaten dan juga kepala sekolah.
a.       Administrator Tingkat Pusat (direktur, kepala pusat) mempunyai wewenang dan kepemimpinan untuk mengarahkan orang serta bertanggung jawab atas pekerjaan orang tersebut dalam mencapai tujuan yaitu dalam penyusuna kerangka kurikulum, dasar hukum, dan program inti kurikulum. Dengan adanya kerangka dasar dan program inti,selanjutnya dapat ditetapkan jenis dan jumlah mata pelajaran minimal yang diperlukan.
b.      Administrator Tingkat Daerah (dinas pendidikan tingkat kotamadya atau kabupaten) bertugas berdasarkan kerangka dasar dan program inti dari tingkat pusat dan melakukan pengembangan sesuai dengan kebutuhannya. Administrator tingkat daerah mempunyai wewenang merumuskan sistem operasional pendidikan bagi sekolahnya. Selain itu juga berkewajiban mendorong dan mengimplementasikan kurikulum pada setiap sekolah, bekerjasama dengan kepala sekolah dan guru – guru dalam pengembangan kurikulum di sekolah sesuai dengan kebutuhan masyarakat, melakukan sosialisasi, serta melaksanakan kurikulum di sekolah tersebut.
c.       Kepala sekolah yang mempunyai tugas yang lebih berkenan dengan implementasi kurikulum di sekolah. Peran kepala sekolah dan guru sangat besar dan merupakan kunci keberhasilan pengembangan kurikulum.
3.      Guru
Guru merupakan titik sentral, yaitu sebagai ujung tombak dilapangan dalam pengembangan kurikulum. Keberhasilan belajar antara lain ditentukan oleh kemampuan profesional dari pribadi guru. Dikarenakan pengembangan kurikulum bertitik tolak dari dalam kelas, dan seorang guru hendaknya mengusahakan gagasan kreatif dan melakukan uji coba kurikulum di kelasnya.
4.      Orang Tua
Sebagai stakeholder dalam penyusunan kurikulum, hanya sebagian orang tua siswa saja yang dilibatkan, yaitu mereka yang mempunyai latar belakang memadai. Peran orang tua lebih besar dalam pelaksanaan kurikulum, misalkan saat diperlukan adanya kerjasama yang erat antara guru atau sekolah dengan orang tua siswa. Oleh karena itu sebagian kegiatan belajar yang dituntut kurikulum dilaksanakan di rumah.
5.      Siswa
Dalam meningkatkan kualitas siswa, para pembina kurikulum (guru) hendaknya tidak melepaskan diri dari tanggung jawabnya sebagai pendidik dan pembimbing, sehingga partisipasi siswa tersebut tidak lepas dari bimbingan guru, seperti pemberian motivasi belajar, dorongan untuk berpendapat, dan berpartisipasi dalam kegiatan – kegiatan lain yang bermanfaat.
B.     Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum
Sebagai kunci utama keberhasilan pengembangan kurikulum, guru memegang banyak peranan yang sangat penting, diantaranya :
1.      Pengelolaan Administratif
Pengelolaan administratif adalah pengelolaan secara tercatat, teratur, dan tertib sebagai penunjang jalannya pendidikan yang lancar, dimana ruang lingkupnya mencangkup administrasi kurikulum, siswa, personal, material dan keuangan.
2.      Pengelolaan Konseling dan Pengembangan Kurikulum
Pengelolaan layanan bimbingan konseling dan pengembangan kurikulum merupakan hal yang mendesak dan diperlukan untuk menunjang pencapaian tujuan pendidikan. Maka dari itu diperlukan keahlian pemahaman prinsip dan penguasaan ketrampilan teknis.
3.      Guru sebagai Tenaga Profesi Kependidikan
Jabatan guru adalah suatu profesi kependidikan yang mensyaratkan dikuasainya kemampuan profesional yang memadahi. Guru tidak hanya berperan sebagai guru di dalam kelas,  tetapi juga seorang komunikator, pendorong kegiatan belajar, pengembangan alat – alat belajar, penyusun organisasi, manajer sistem pengajaran, dan pembimbing baik disekolah ataupun di masyarakat.
4.      Berpartisipasi dalam Pengembangan Kurikulum
Guru diharapkan berperan aktif dalam kepanitiaan atau tim pengembangan kurikulum, bersama dengan guru lainnya dan orang tua. Guru dilibatkan dalam perumusan kebijakan operasional, serta perencanaan dan pelaksanaan administrasi pengembangan kurikulum.
5.      Meningkatkan Keberhasilan Sistem Instruksional
Keberhasilan mengajar tergantung pada tiga faktor, yaitu kepribadian, pengetahuan, dan keahlian guru. Kepribadian guru di Tandai dengan sikap antusias dan kecintaan terhadap siswa. Guru juga harus mempunyai pengetahuan yang luas dan mendalam tentang semua hal yang berkenaan dengan sistem instruksional. Dengan keahlian, ketrampilan, dan kemampuan seninya dalam mengajar, guru mampu menciptakan situasi belajar yang aktif dan mampu mendorong kreatifitas anak.
6.      Pendekatan Kurikulum
Guru yang bijaksana senantiasa mengembangkan kurikulum sekolah berdasarkan kepentingan masyarakat, kebutuhan siswa, serta ilmu pengetahuan dan teknologi terkini. Upaya pengembangan ini disertai dengan tindakan yang nyata di kelas. Hasil perbaikan dan pelaksanaan kurikulum diperlihatkan kepada orang tua siswa melalui laporan siswa, dan orang tua tersebut memberikan respon atas laporan tersebut. Dengan demikian terjadilah proses pengembangan kurikulum yang berkesinambungan.
7.      Meningkatkan Pemahaman Konsep Diri
Guru dapat mengembangkan kurikulum dengan cara mempelajari lebih banyak tentang dirinya sendiri. Keberhasilan guru terletak pada pengetahuan tentang diri (self – knowledge) dan pengenalan terhadap kekuatan dan kelemahan pribadi, serta bagaimana mengatasi kelemahan – kelemahan tersebut.
8.      Memupuk Hubungan Timbal Balik yang Harmonis dengan Siswa
Tujuan utama guru adalah mengubah pola tingkah laku siswa menjadi lebih baik. Peningkatan kegiatan belajar siswa lebih banyak ditentukan oleh besarnya harapan guru tentang tingkah laku yang diinginkan. Guru berupaya mendorong dan memajukan kegiatan belajar siswa sehingga terjadi perubahan tingkah laku yang di inginkan. Guru hendaknya bersikap menerima, menghargai, dan menyukai siswanya sehingga siswa pun menyenangi guru dan menghayati harapan serta keinginan gurunya. Dengan demikian terciptalah suasana yang menyenangkan, mendorong belajar, berfikir, dan memecahkan masalah. Hal – hal dalam kerjasama seperti ini dapat meningkatkan upaya pengembangan kurikulum.



Daftar pustaka

Oemar Hamalik.(Februari 2007). Dasar – dasar Pengembangan Kurikulum.Bandung:Rosda.

Pertanyaan dan Jawaban Presentasi Kakubuteks
Sofi (12803244028)
Pertanyaan      : Apa kendala – kendala yang dialami dalam implementasi dan bagaimana cara mengatasinya?
Jawab              : Jadi kendala – kendala yang sering dialami dalam pengimplementasian adalah dalam pemahaman kebijakan, kendala materi atau kurangnya bekal pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki guru, kendala dalam metodolodi pelaksanaan, kendala sarana, kendala evaluasi, dan kendala kerjasama, keseluruhan kendala tersebut muncul disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: Faktor guru itu sendiri, Lingkungan, murid, Sarana prasarana sekolah.Kedua, para guru menghadapi kendala, secara individual yaitu belajar menguasai pengetahuan dan ketrampilan sendiri, pencarian bahan sendiri, peningkatan efektifitas sumber, perbaikan metode pembelajaran termasuk peningkatan pemberian variasi tugas.
Jadi cara mengatasinya sebagai seorang guru harus tanggap terhadap informasi – informasi, dan aktif dimana dengan mencari informasi – informasi yang orang lain belum ketahui, guru harus sigap dan bisa bermusyawarah dengan sesama guru atau murid, guru harus memperhatikan kebutuhan siswa, encana pembelajaran disusun secara sistematis.
Ririn (12803244022)
Pertanyaan      : Apa tugas dan wewenang siswa dalam mengembangkan kurikulum? Beri contoh !
Jawab              : Tugas dan wewenang siswa dalam pengembangan kurikulum diantaranya mengetahui materi pelajaran, mengetahui landasan dan wawasan kependidikan, mengetahui proses kependidikan, sebagai siswa. Selanjutnya sebagai siswa mempunyai kemampuan personal, penampilan sikap, pemahaman, penghayatan dan penampilan nilai yang seyogyanya dimiliki murid.
Contoh            : Siswa bernama “A” dalam mnuntut ilmu di sekolah tidak bertindak macam – macam dalam arti siswa A tersebut taat dengan peraturan yang sudah di tetapkan oleh sekolah.
Airin (12803244014)
Pertanyaan      : Bagaimana peran ahli kurikulum dalam implementasi kurikulum dan apa saja yang di lakukan?
Jawab              : Menurut kami peran ahli kurikulum dalam implementasi kurikulum kinerjanya belum maksimal dikarenakan guru itu sebagai implementer dimana seorang guru memiliki tugas sebatas menjalankan kurikulum yang telah disusun, dengan terbatasnya peran guru di sini, maka kreatifitas guru dan inovasi guru dalam merekayasa pembelajaran tidak berkembang, guru tidak ada motivasi untuk melakukan berbagai pembaruan. Guru sebagai adapter dimana dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), terdapat peran guru dalam fase ini, yaitu bahwa para perancang kurikulum hanya menentukan standar isi sebagai standar minimal yang harus dicapai, bagaimana implementasinya, kapan waktunya, dan hal-hal teknis lainnya ditentukan oleh guru. Dengan demikian peran guru sebagai adapter lebih luas dibandingkan dengan peran sebagai implementer.
Sabrina (12803244004)
Pertanyaan      : Apakah kurikulum di Indonesia sudah melakukan kurikulum dengan baik? Jelaskan !
Jabwab                        : Kurikulum di Indonesia belum sepenuhnya melakukan kurikulum dengan baik, terbukti dengan akan diadakannya kurikulum baru 2013 yan banyak menuai protes dimana salah satunya karena belum adanya sosialisasi yang diadakan oleh pihak kemendikbud kepada para guru. Menurut pendapat salah seorang anggota DPR RI, Sulistiyo menegaskan,”sampai saat ini para guru di Tanah Air belum memahami sepenuhnya perubahan kurikulum 2013,Sebab dokumen kurikulum baru yang lengkap belum disosialisasi­kan, para guru siap melaksanakan kurikulum baru tapi mereka be­lum tahu kurikulum itu, jadi ke­siap­an itu lebih kepada kesetiaan dan kepasrahan guru dalam melaksanakan tugas, apa pun wujudnya”.


Daftar Pertanyaan Resum Kakubuteks
Habibie Bagus Sambada (12803244018)
1.      Apakah pihak – pihak yang ada dalam pengembangan kurikulum sudah di jamin akan berkomitmen atas tugas – tugasnya tersebut? Jelaskan!
2.      Sejauh mana peran pihak – pihat terkait dalam pengembangan kurikulum di negara ini? Apakah sudah optimal?
Putri Ayu Diyah V (12803244030)
1.      Mengapa seorang ahli kurikulum memegang peran penting dalam pengembangan kurikulum maupun implementasi kurikulum?
2.      Apakah pengikut sertaan guru dalam upaya perbaikan kurikulum di sekolah memungkinkan dalam sistem pendidikan kita?
Cahayu Saccharosa (12803244012)
1.      Jelaskan tugas – tugas para pakar ilmu pendidikan?
2.      Adakah kendala dalam pengelolaan konseling dan pengembangan kurikulum? Jika ada bagaimana solusinya?
Ade Pahmadia F (12803244008)
1.      Siapa yang tergolong kedalam pakar ilmu pendidikan?
2.      Jelaskan peran dan kegiatan administrator dalam pendidikan?
Yeni Nofia (12803244019)
1.      Mengapa orang yang ahli dalam kurikulum memegang peran penting? Hal apa saja yang dapat mereka berikan?
2.      Sebutkan contoh berpartisipasi dalam pengembangan kurikulum?
Yanza Ikhtiarfan (12803244021)
1.      Bagaimana seorang guru dapat mengubah perilaku siswa yang awalnya nakal menjadi baik?
2.      Dari segala sumberdaya manusia manakah yang paling berperan dalam pengembangan kurikulum? Jelaskan!
Anindita Laksmi S (12803244013)
1.      Bagaimana seorang tokoh agama dapat mengembangkan kurikulum? Berikan contohnya!
2.      Hal – hal apa saja yang dapat dilakukan orang tua dalam berperan mengimplementasikan kuriklu di sekolah?
Chairunnisa Astari(12803244023)
1.      Apah pengikut sertaan guru – guru dalam upaya perbaikan kurikulum di sekolah memungkinkan dalam sistem pendidikan kita dewasa ini?
2.      Hal pa yang dapat siswa dan orang tua berikan dalam keberhasilan implementasi kurikulum?
Anbar Maulidina (12803244031)
1.      Mengapa dalam pengembangan kurikulum diperlukan keikutsertaan berbagai pihak yang terkait?
2.      Siapa yang tergolong dalam administrator di tingkat pusat dan tingkat daerah?
Fidya Riska A (12803244010)
1.      Jelaskan peran dan administrator pendidikan tingkat pusat dan daerah?
2.      Apa saja tugas dan tanggung jawab supervisor, kepala sekolah, dan guru dalam kurikulum?
Erwin Insani (12803244034)
1.      Bagaimana upaya guru untuk memupuk hubungan harmonis yang dengan siswa?
2.      Pakar ilmu pendidikan biasanya melakukan penelitian dalam bidang pengembangan kurikulum. Contohnya ?
Meitiya Khusna (12803244032)
1.      Jelaskan kesetyaan administrator pendidikan tingkat pusat dan tingkat daerah?
2.      Jelaskan tugas dan tanggung jawab supervisor?
Deashara Ayrien Hayuwari (12803244014)
1.      Mengapa ahli kurikulum memegang peran penting dalam pengimplementasian kurikulum?
2.      Hambatan apa yang ditemui guru di sekolah terkait dengan pengimplementasian kurikulum?
Rahmadita Nurul Hidayati (12803244001)
1.      Pihak – pihak mana saja yang terkait dalam pengembangan kurikulum?
2.      Seberapa besarkah peran guru dalam pengembangan kurikulum, apakah sudah mampu memberikan solusi terhadap pergantian kurikulum di indonesia saat ini?
Yuli Anggraeni (12803244003)
1.      Peran apa yang dilakukan pakar ilmu pendidikan dalam implementasi kurikulum?
2.      Jelaskan berbagai hal yang perlu dilakukan guru dalam pelaksanaan kurikulum dikelas?
Nadira Sukma A (12803244004)
1.      Bagaimanakah seharusnya sikap dari seorang guru agar kurikulum dapat berjalan dengan baik di suatu pembelajaran?
2.      Bagaimana sikap anda apabla mengetahui ada sikap guru yang kurang profesional?
Luluk Alhikmah (12803244009)
1.      Implikasi dari memupuk hubungan timbal balik yang harmonis dengan siswa?
2.      Sebutkan contoh tugas administrator pendidikan dan kepala sekolah?
Sabrina Irmayanti (12803244006)
1.      Apa yang terjadi apabila seorang guru tidak dapat memupuk hubungan timbal balik yang harmonis dengan siswanya?
2.      Mengapa ahli kurikulum memegang peran penting dalam pengembangan kurikulum?
Ayi Chanja W  (12803244040)
1.      Mengapa peran guru sangat penting dalam pengembangan kurikulum?
2.      Jelaskan peran dan kegiatan administrator pendidikan tingkat pusat dan daerah?
Shofia Suparti (12803244028)
1.      Bagaimana prosedur pelaksanaan kurikulum yang dilakukan guru di kelasnya? Serta apa kendala –kendala yang umumnya ditemukan?
2.      Jelaskan concoh nyata yang dilakukan orang tua dalam pengembangan kurikulum yang ada?
Ella Coraima Dewi (12803244016)
1.      Bagaimana peran masyarakat dalam pengembangan kurikulum? Adakah implementasinya?
2.      Bagaimana hubungan orang tua dan guru dalam pengembangan kurikulum saat ini? Apakah sudah efektif?
Dewa Ayu Putri A (12803244011)
1.      Jelaskan peran dan kegiatan administrator pendidikan di tingkat provinsi?
2.      Apakah seorang guru selalu di ikut sertakan dalam upaya perbaikan kurikulum di sekolah?
Reni Nurhidayati (12803244002)
1.      Jelaskan berbagai hal yang perlu di lakukan guru dalam pelaksanaan kurikulum di kelasnya? Bagaimana prosedur yang perlu di tempuh?
2.      Apakah pengikutsertaan guru – guru dalam upaya perbaikan kurikulum di sekolah memungkinkan dalam sistem pendidikan kita dewasa ini?
Noni Istifar Rina (12803244027)
1.      Berikan cotoh peran orang tua sehubungan dengan pengimplementasian kurikulum disekolah?
2.      Apakah dalam kenyataannya guru sudah mengimplementasikan pengembangan dan pembinaan kurikulum di sekolah dengan semaksimal mungkin?
Dzahin Syauqi Muhammad (12803244005)
1.      Apakah teman bermain juga termasuk dalam desain pengembangan kurikulum?
2.      Pentingkah pemahaman konsep diri? Apa alasannya?
Bayu Saputro Aji (12803244007)
1.      Jelaskan peran penting guru dalam hal yang terkait dengan pengembangan kurikulum?
2.      Apakah ada kaitannya antara siswa dengan pihak pengembangan kurikulum?
Titi Dwi Nuningsih (12803244015)
1.      Apa saja hal yang perlu dilakukan guru dalam pelaksanaan pelaksanaan kurikulum dikelasnya?
2.      Apa tanggung jawab guru agar pelaksanaan kurikulum dapat berjalan dengan optimal?
Eva Wafda H (12803244017)
1.      Apa tugas dari administrator pendidikan?
2.      Jelaskan yang dimaksud stakeholder dalam penyusunan kurikulum?
Ririn Sulistiyasari (12803244022)
1.      Jelaskan tugas administrator pusat dan daerah?
2.      Mengapa siswa dilibatkan dalam pengembangan kurikulum?
Muhammad Haidar Rohman (12803244037)
1.      Siapa saja yang terkait dalam pengembangan kurikulum?
2.      Kenapa kurikulum harus di kembangkan?
Hamas Nur Kholid (12803244038)
1.      Dari sekian pihak yang terkait dalam pengembangan kurikulum, manakah yang paling berperan dalam pengembangan kurikulum? Jelaskan !
2.      Apa maksud dari hal yang mendesak dan di perlukan untuk menunjang pencapaian tujuan pendidikan? (Poin ke dua pada peran guru dalam pengembangan kurikulum)
Nindha Permana (12803244026)
1.      Siapa sajakah yang tergolong dalam pakar ilmu pendidikan?
2.      Jelaskan berbagai hal yang perlu dilakukan dalam pelaksanaan kurikulum di kelasnya?
Ayu Kurnia Sari H (12803244036)
1.      Jelaskan peranan kegiatan dan kegiatan administrator pendidikan tingkat pusat dan tingkat daerah?
2.      Mengapa orang tua dilibatkankan dalam penyusunan kurikulum? Jelaskan!
Lita Aprilia Sutopo (12803244020)
1.      Kendala apa yang ditemukan di sekolah dalam implementasi kurikulum?
2.      Sebutkan tugas dan tanggung jawab guru?
Romario Dwi F (12803244033)
1.      Siapakah yang tergolong dalam pakar ilmu pendidikan?
2.      Mengapa seorang ahli kurikulum memegang peran penting dalam pengembangan kurikulum?
Ria Maya A (12803244037)
1.      Seberapa besar peran siswa dalam pengembangan kurikulum?
2.      Bagaimana apabila salah satu pihak yang terkait dalam pengembangan kurikulum tidak berperan secara optimal sesuai tugasnya?
Ayu Nafisa (12803244044)
1.      Hal – hal apa saja yang dapat siswa dan orang tua berikan sehubungan dengan kegiatan implementasi kurikulum di sekolah?
2.      Jelaskan berbagai hal yang perlu dilakukan guru dalam pelaksanaan kurikulum dikelasnya? Dan kendala – kendala apa saja yang umumnya di temukan di sekolah terkait dengan implementasi kurikulum?
Firda Listia Dewi (12803244042)
1.      Hal – hal apa saja yang dapat siswa dan orang tua berikan sehubungan dengan kegiatan implementasi kurikulum di sekolah?
2.      Jelaskan berbagai hal yang perlu dilakukan guru dalam pelaksanaan kurikulum dikelasnya? Dan kendala – kendala apa saja yang umumnya di temukan di sekolah terkait dengan implementasi kurikulum ini?
Rakhil Nur Preditatama (12803244041)
1.      Bagaimana sistem administrasi sekolah yang baik?
2.      Bagaimana cara siswa berperan aktif dalam pengembangan kurikulum?

No comments:

Post a Comment